Langsung ke konten utama

Cara apply VITAS 317 penyatuan keluarga

After getting married.. then its time to make Izin Tinggal Terbatas (ITAS) untuk suami saya karena kami akhirnya memutuskan tinggal di tanah air tercinta. Get ready because its bureaucracy all over again! 
*risiko menikah dengan WNA 
*menangis di pojokan

Dasar hukum: Izin Tinggal yang diberikan kepada orang asing dapat dialihstatuskan, yaitu:
1. Izin Tinggal Kunjungan menjadi Izin Tinggal Terbatas
2. Izin Tinggal Terbatas menjadi Izin Tinggal Tetap

Izin Tinggal Terbatas diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi untuk jangka waktu paling lama 2 tahun, dapat diperpanjang dan diberikan paling lama sampai 6 tahun masa tinggal. Perpanjangan pertama sampai dengan ketiga dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi, sedangkan perpanjangan keempat dan kelima dilaksanakan Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan tertulis Dirjen Imigrasi melalui pertimbangan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM. 
(ITAS bagi WNA yang menggabungkan diri dengan WNI  hanya diberikan maksimal 1 tahun tapi dapat diperpanjang).

Izin Tinggal Tetap dapat diberikan bagi WNA yang menggabungkan diri dengan suami atau istri WNI yang usia perkawinannya telah mencapai 2 tahun.

So.. udah jelas ya semua prosesnya harus dimulai dari apply Izin Tinggal Kunjungan, lalu alih status menjadi Izin Tinggal Terbatas lalu Izin Tinggal Tetap. Sama sekali ga bisa langsung alih status dari VITAS 317 jadi ITAP walaupun sudah menikah lebih dari 2 tahun.

Terdapat 2 cara untuk apply Izin Tinggal Kunjungan:
1. Visa Sosial Budaya 
2. Visa Izin Tinggal Terbatas (VITAS) 317 dalam rangka penyatuan keluarga

Cara apply visa sosial budaya bisa dilihat disini: visa sosial budaya 

Saya pribadi lebih memilih poin no. 2 karena hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara online (great job untuk imigrasi indonesia!), jadi lebih hemat waktu dan tenaga bolak balik ke Kantor Imigrasi dan lebih menguntungkan bagi saya juga karena suami masih berada di Luar Negeri.
Untuk yang pasangan WNAnya sudah disini, tetap bisa kok ambil VITASnya di kedutaan Indonesia di negara tetangga seperti Singapore atau Malaysia. Kerugiannya, biaya sedikit lebih mahal karena ada biaya untuk beli tiket pesawat dan akomodasi di luar negeri.

Dokumen yang perlu disiapkan dan di SCAN berwarna, format jpg atau jpeg, size maksimal 400kb.
1. KTP pemohon
2. KK pemohon
3. Akta Lahir pemohon
4. Surat Permohonan dan Jaminan (Surat ini bisa digabung menjadi 1 atau dipisah)
5. Passport WNA bagian datanya saja (ga perlu sebuku, hasil konsultasi dengan petugas imigrasi) yang masih berlaku, minimal 18 bulan untuk 1 tahun masa tinggal.
6. Buku nikah atau akta nikah dan pelaporan nikah ke catatan sipil bagi yang menikah di luar negeri.
7. CNI (certificate of no impediment, yang diberikan kedutaan ketika suami mau menikah di Indonesia, menyatakan statusnya single sebelum menikah) (optional, boleh tidak di upload)
8. Buku tabungan PENJAMIN alias WNI nya dengan saldo minimal 1500 USD
*untuk meresize dokumen bisa pake corel draw. kalau ga ada aplikasi corel draw, bisa pakai paint yang lebih mudah.




Contoh Surat permohonan dan jaminan

Kepada Yth,
Direktorat Jenderal Imigrasi RI
Jl. Rasuna Said Kav. X-6 No. 8
Kuningan, Jakarta Selatan

Perihal: Permohonan Visa Izin Tinggal Terbatas (Visa 317) untuk suami a/n

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama
:
Tempat / Tanggal Lahir
:
Warga Negara
:

Pekerjaan
:

Alamat
:

No Telepon / HP
:

Bersama ini saya mengajukan permohonan kepada Bapak untuk dapat memberikan Visa Izin Tinggal Terbatas (Visa 317) kepada suami saya yang datanya tersebut di bawah ini:
Nama
:

Tempat / Tanggal Lahir
:

Warga Negara
:

Nomor Passport
:

Pekerjaan
:



Permohonan ini saya ajukan dikarenakan yang bersangkutan akan tinggal bersama saya sebagai istrinya di...

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bersedia menjadi sponsor dan bertanggung jawab penuh atas:
1.    Kedatangan, keberadaan, dan kegiatan yang bersangkutan selama berada di Indonesia; dan
2.    Biaya hidup yang dibutuhkan selama berada di Indonesia.

Bila data-data yang saya berikan tidak sesuai dengan kenyataan dan saya tidak memenuhi tanggung jawab, saya bersedia dituntut sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian serta persetujuan Bapak saya ucapkan terima kasih.


Langkah Pertama: REGISTRASI (27 Februari 2017)
1. Ingat Registrasi hanya dapat dilakukan jam 08.00-16.00 pada hari kerja.
 Buka www.imigrasi.go.id dan klik gambar Layanan Visa Online di bawah ini (gambar kedua dari kiri):


2. Masukkan data-data dan upload dokumen KTP pemohon, KK pemohon, dan Akta Lahir pemohon. harus ada tiga2nya, karena kalau ga lengkap ga bisa lanjut ke page selanjutnya.

3. Tunggu dapat e-mail aktivasi. biasanya dalam 1x24 jam udah ada e-mail aktivasi.
Pada kasus saya, setelah 24 jam saya tak kunjung dapet juga itu e-mail aktivasi (awalnya pakai e-mail @live.com) Karena saya orangnya penuh dengan inisiatif, maka datanglah saya ke Dirjen Imigrasi di kuningan bagian Informasi Visa. Bagiannya ada dibalik Pintu kaca yang di atasnya ada lambang Bank BRInya. Disana disambut Ibu Security dan dibilang harus daftar dulu (masih baru pindah ke situ sepertinya, jadi belum ada mesin nomor antrian), dimana pendaftaran tutup sampai jam 14.00. Kalau datang di atas jam 14.00 nanti tidak dilayani.

Lalu saya bertemu dengan petugas Imigrasinya. Oleh petugas Imigrasi, karena setelah dikirim ulang beberapa kali ga kunjung sampai juga, maka digantilah e-mail saya dengan @gmail.com. Setelah e-mail saya diubah, akhirnya sampai juga e-mail aktivasi.
E-mail aktivasi ini penting banget, karena kalau ga dapet e-mailnya ga akan dapet passwordnya untuk login. Lebih baik tungguin di tempat sampai kita dapet e-mail aktivasinya.
*saran: pakailah gmail.

Informasi tambahan: bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa datang langsung ke Informasi Subdirektorat Visa, Dirjen Imigrasi, Jl. H.R. Rasuna Said, Sentra ulia, Kav X-6 No. 8 Jakarta (persis sebrang pasar festival). Untuk yang tinggal di luar jabodetabek bisa menghubungi melalui e-mail visa@imigrasi.go.id pengumuman mengenai visa online
Kalau kamu dapet kasus kaya saya, lebih baik di e-mailnya langsung disertakan e-mail alternatif kamu.



Langkah Kedua: PENGAJUAN PERMOHONAN (1 Maret 2017)
Setelah dapat e-mail aktivasi, maka permohonan dapat diajukan. permohonan ini juga hanya dapat diajukan dari jam 08.00-16.00 maka saran saya, jam 08.00 harus udah siap di depan komputer. Pengalaman pribadi, saat saya selesai mengajukan permohonan jam 08.20, sudah ada 180 orang yang apply. Masalahnya, dalam sehari hanya diberikan kuota sebanyak 400. Jadi kalau terlambat apply hari itu, harus menunggu sampai besok untuk apply lagi.

1. Masuk kembali ke www.imigrasi.co.id, lalu klik Layanan Visa Online




Masukkan username dan kata sandi, lalu login.

2. Pilih jenis permohonan seperti di bawah ini sekaligus pilih Lokasi perwakilan RI untuk pengambilan visa dan periode tinggal WNA.


3 3. Masukkan data orang asing dan tujuan WNA untuk datang ke Indonesia. Isi saja untuk tinggal bersama istri WNI yaitu (sebutkan nama).
Bagi WNA yang negaranya tidak ada di list, maka ga bisa mengajukan VITAS Online. Daftar negara yang tidak dapat apply VITAS (Afghanistan, Guinea, Israel, Korea Utara, Kamerun, Liberia, Niger, Nigeria, Pakistan, dan Somaliadaftar negara tertentu

4 4.Upload dokumen pendukung Yaitu:
1. Buku rekening tabungan penjamin dengan saldo minimal 1500 USD
* ada yang tanya kalau tabungannya itu tabungan bersama apakah bisa untuk jadi jaminan, jawabannya: saya ga tau dan ga pernah coba karena saya menjamin suami saya pakai tabungan sendiri.. Kalau ada yang pernah coba mungkin bisa di share..
2. Surat permohonan dan jaminan
3. Scan berwarna paspor WNA (bagian datanya saja)
4. Scan buku nikah atau akta nikah, bukti pelaporan nikah ke catatan sipil bila menikah di luar negeri, dan CNI (optional)
5. Dokumen tambahan yang harus di upload bagi yang status sebelum pernikahan saat ini Duda / Janda, harap dilampirkan dokumen cerai dari pernikahan sebelumnya (bagi yang bercerai) atau akta kematian (bagi yang pasangannya meninggal), berlaku juga untuk pasangan WNAnya




Selanjutnya, tunggu e-mail pemberitahuan penerimaan permohonan persetujuan dan notifikasi pembayaran kawat persetujuan visa. saya dapat notifikasi pembayaran 24 jam setelahnya, pagi tanggal 2 Maret 2017.



Langkah Ketiga: PEMBAYARAN (3 Maret 2017)
Setelah mendapat notifikasi pembayaran kawat persetujuan visa, lakukanlah pembayaran sebesar 100.000 di Bank Manapun di seluruh indonesia dan baiknya ke teller bank. Jadi udah ga bayar langsung ke Dirjen Imigrasi di Rasuna Said kuningan ya..
Untuk melakukan pembayaran, diberikan waktu selama 7 hari. Kamu bisa langsung bayar di hari yang sama setelah dapet e-mail notifikasi pembayaran, ga perlu nunggu sehari kaya saya. Kalau dalam 7 hari tidak melakukan pembayaran, dianggap hangus dan harus apply dari awal lagi..
Kalau kamu sudah bayar, maka kamu tinggal menunggu dikirim e-mail notifikasi persetujuan kawat visa, yang saya dapatkan tanggal 7 Maret 2017.


Langkah Keempat: PENGAMBILAN TELEX VISA di Kedutaan RI di Luar Negeri
Setelah kamu menerima e-mail notifikasi persetujuan kawat visa, forward e-mail tersebut ke pasangan kamu dan print attachmentnya. attachment tersebut nanti harus di print dan dibawa ke kedutaan RI di luar negeri.

Pada kasus suami saya, hanya diminta:
1. Passport asli dan fotokopi
2. Foto berwarna
3. Izin tinggal di Jerman
4. Print out notifikasi persetujuan kawat visa dari imigrasi


Sebelum kamu datang ke kedutaan, jangan malas untuk telepon dulu kedutaannya untuk menanyakan syarat2 yang harus dibawa karena syarat tiap kedutaan bisa beda2 di tiap negara. (minta pasangan kamu aja yang telepon)
Jadi karena sekarang sistemnya paperless, syarat2 yang sudah saya upload di website imigrasi indonesia sudah tidak diminta lagi.


Selanjutnya, pasangan kamu harus melakukan pembayaran sejumlah 105 dolar atau 100 euro. setelah melakukan pembayaran, visa akan jadi dalam 3 hari kerja. Setelah itu baru suami dapat masuk indonesia kembali.




Komentar

  1. rekening tabungan punya suamikah (WNA) atau punya istri (WNI)?
    apakah cuma halaman depan saja ataukah berikut semua transaksinya?
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Yang diminta adalah rekening tabungan penjamin, yaitu si WNI.. saya scan halaman depan yang ada nama dan data saya serta 3 halaman transaksi terakhir hingga saldo terakhir yang tanggalnya berdekatan dengan tanggal apply vitas dan harus ada minimal 1500 USD ya..

      Hapus
    2. Makasih yah. Tadinya mau bikin tabungan bersama saja biar gampang?
      Punya WhatsApp atau facebookkah?
      Kalau boleh tahu retno kapan ya ngepplay vitasnya?

      Hapus
    3. Saya ada facebook retno lantika. saya apply vitasnya tahun 2017

      Hapus
  2. Hallo mb retno, terima kasih atas artikelnya. Sangat membantu sekali. Mau tanya untuk surat pernyataan dan jaminan yang dikirim secara online itu Apakah langsung di format jpeg aja tanpa tanda tangan dan materai Atau diprint, diberi materai dan tanda tangan dulu kemudian di scan?. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba, untuk surat permohonan dan jaminannya di print dulu, ditanda tangan di atas materai, baru di scan.

      Hapus
  3. artikel yang sangat membantu, terimakasih

    BalasHapus
  4. Mbak retno, boleh tanya itu cni yang diupload asli apa copyan? Karena yang asli kemarin punya suamiku diambil KUA
    Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih ga masalah mau asli atau fotokopian.. tp kalau saya sebelum dikasi ke KUA udah scan yg asli. CNI juga optional kok, artinya kalau ga ada juga ga masalah..

      Hapus
  5. Hi mba, salam kenal. Sorry mau tanya kalo utk dokumen2 ITAS Elektronik itu di tny lagi return tiket ke negara asal & rekening lg gak ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Return ticket ke negara adal ga ditanya, kan niatnya mau tinggal lama disini.. kalo rekening ditanya, yg ditanya rekening mba sbg sponsor hrs ada minimal sebesar 1500 usd diconvert ke rupiah

      Hapus
    2. Kalo rekening kita kan udh scan & submit ke web wkt ajuin telex visa kan ya, itu wkt masuk indo di tny lg?

      Hapus
    3. ga ditanya2 lagi sih pas masuk dan di imigrasi..

      Hapus
  6. Mba maksud nya pasangan yg wna nya sdh disini ttp bs ambil vutas nya di kedutaan indo di negara tetangga???? Apa gk bs diambil di iindonesia? Mohon petunjuk nya yah mba baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena yang ngeluarin visa itu kedutaan mba,bukan imigrasi. Dan kedutaan indonesia itu hanya ada di negara lain.
      Setelah visa jadi, baru imigrasi yang keluarin ITAS.

      Hapus
    2. mbak Retno, kalo kita uda apply VITAS yg 2 taon terus uda jadi dan berencana tinggal di indo, harus langsung diupgradekah ke ITAS? Dan kalo diupgrade ke ITAS periode masa tinggal yg VITAS nya hilang kah? atau disambung dan cuman statusnya yang berubah dari VITAS ke ITAS? Makasih mbak.

      Hapus
    3. Biasanya di vitas akan tertulis masa berlakunya berapa lama, kalau lewat dari masa itu sejak tanggal vitas jadi tapi belum masuk indonesia maka vitas hangus. Lalu setelah sampe di Indo dalam 30 hari sudah harus alih status ke kitas sehingga vitas hangus. Kalo ga alih status ttp bs tinggal di indo pake masa tinggal vitas biasanya setahun sampai 2 tahun cm ga ba perpanjang. Setelah habis hrs keluar indo dan buat baru

      Hapus
    4. Mbak Retno, jadi maksudnya kalau pakai Vitas saja tanpa upgrade ke Kitas gpp kan ya? Hanya untuk kunjungan biasa.

      Hapus
  7. Hi sis, sorry aku mau tny lg, kalo STM & SKTT yg di perlukan dok apa aja ya? Trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://theblindldr.blogspot.co.id/2017/04/surat-keterangan-tempat-tinggal-skkt.html?m=1
      Bisa dilihat di link itu ya

      Hapus
  8. STM: surat keterangan dari RT RW Kecamatan yang menyatakan anda bertempat tinggal di indo. Potokopi KITAS. Potocopi paspor beserta stamp dari imigrasi. Bawa semua dokumen ke kapolsek setempat.

    SKTT: dokumen yang buat STM, surat lapor nikah di catatan sipil /KUA, bawa semua ke catpil. Beserta poto 3x4 3 biji

    BalasHapus
  9. pagi mbak retno, saya mau tanya untuk apply visa 317untuk verifikasi hrs dtng kr jakarta ya, sy tunggu infonya mbak thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba. ga harus datang ke jakarta kok.. semua prosesnya online, pembayaran pun bisa dilakukan ke bank manapun.
      saya datang ke kantor imigrasi karena waktu itu bikin account pake @live.com, tapi ga dapet2 email aktivasi. Jadinya saya datang dan akhirnya email saya ganti pake @gmail baru bisa.

      Hapus
    2. trima ksh mbak jawabya, lalu mbak untul page lama peridoe tinggal 1 tahun atau 3 tahun,, dan sy menulis tujuan sama persis seprti mbak, trima ksh,, apa sy hrs ganti 3 tahun,,

      Hapus
    3. maaf mbak satu lagi yg ingin sy tnyakn,untuk kolom jenis visa sy tulisnya tidak bekerja untuk penyatuan keluarga, bener ga mbak,, trima ksh,,

      Hapus
    4. Terserah aja mba.. tp kalau suami saya memang akan tinggal disini kurang lebih 3-5th. Kemungkinan akan bikin kitap juga. Kalau hanya 1 tahun sebenernya ga perlu alih status jadi kitas karena vitasnya nanti juga berlaku untuk 1 tahun.

      Iya kalau jenis visanya benar yang itu.

      Hapus
    5. Terserah aja mba.. tp kalau suami saya memang akan tinggal disini kurang lebih 3-5th. Kemungkinan akan bikin kitap juga. Kalau hanya 1 tahun sebenernya ga perlu alih status jadi kitas karena vitasnya nanti juga berlaku untuk 1 tahun.

      Iya kalau jenis visanya benar yang itu.

      Hapus
    6. Gpp mbak mudah2an lama waktu tinggalnya yg ditulis di aplikasi vitasnya ga masalah
      Ya benar untuk jenis visanya yang itu

      Hapus
    7. @retno : mbak utk pengajuaan lama tinggal nanti apa kah lgsung bsa 3 tahun? Trus biaya kena brapa swaktu di imigrasi ya? Itu apa lgsung bisa stay 3 thun Atau perpnjang selama pertahun?

      Hapus
    8. Untuk pengajuan awal bisa tapi tetap saja yang akan dikasih itas buat 1 tahun, perpanjang tiap tahun kecuali sudah 2 tahun nikah bisa lamgsung alih status jadi itap untuk 5 tahun

      Hapus
    9. Oh makasih mbak.
      Jdi kalau misalkan apply 1 tahun then bsa prpnjangan di Indo gak ya utk ITAS tahun ke depannya?

      Hapus
    10. kalo perpanjang doang bisa deh di kantor imigrasi domisili kamu. CMIIW

      Hapus
    11. Apa ya syarat nya utk prpjangan itas di imigrasi ya mas? Utk tahun selanjutnya? Apa prlu buat visa sprti awal lg? Atau bgmana ya?

      Hapus
  10. sore mbak, saya sblmya g paham,, suami sy juga sama akan tinggal di indonesia dan tp saya sudah terlamjur nulis periodenya 3 tahun, trus nanti gimn mbak,, sy dah sampe proses pembyran,, minggu depan versifikasi lanjutan,, apa nanti bisa di perpanjang mbak,, sy jadi kepikiran mbak, tkt g bisa di perpanjng,,

    BalasHapus
  11. maaf mbak mkdya sy tulisnya satu tahun bukan 3 tahun, krna sy tidak paham,

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa saya harus melakukan perbaikan atau koreksi mbak,,

      Hapus
    2. Sepertinya ga perlu diperbaiki mba.. gpp kalau udah terlanjur. Sepertinya ga akan jadi masalah buat nantinya

      Hapus
    3. trima ksh byk mbak retno atas semua imformasinya,, semoga semuany lancar,, sekarang sy lg nunggu versifikasi lanjutan,,

      Hapus
    4. Amiin mba semoga lancar ya ;)

      Hapus
  12. selamat mlm mbak retno, Alhamdulilah hari ini sy sudah dpt email persetujuan vitas untuk suami sy,,,

    BalasHapus
  13. selamat mlm mbak, maaf mau tanya untuk apppy itas online pas suami baru aja sampai di bandara atau boleh dirumah, sy tunggu. infony mbak, trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumah juga bisa kok mba.. tenang aja kan dikasi batas waktu sampe 30 hari

      Hapus
    2. selamat siang mbak,, ok mbak trima ksh infonya,,,,

      Hapus
  14. siang mbak retno, mau tanya untuk apply MERP itu bersamaan dgn Itas apa stlh Itas jadi mbak,,?

    BalasHapus
  15. Mbak mau nanya dong, kalo untuk pengajuan visa sosbud/vitas 317 haruskah KTP Sama dengan alamat Yang saya tinggal dengan suami nantinya? Karna alamat KTP saya dengan rmh tinggal skrg berbeda. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya sama mba karena nanti pas perpanjangan visa sosbud atau pengajuan ITAS, imigrasinya harus berdasarkan alamat KTP sponsor. Kalau nanti mau alih status jd ITAP jg hrs sama dgn alamat KTP krn nanti akan di survey.

      Hapus
  16. 9. Mengisi formulir di Imigrasi (ada yang harus di ttd WNA)

    Mba. Retno, mau tanya jadi wna nya harus datang utk ttd? Klo wna nya pas ga bs datang, tp di wakil kan saya istrinya bisa ?
    Trims mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. bisa sih kalo ga dtg pas yg awalnya tp mba nya jd bolak balik. Hari pertama dtg buat ambil formulir, di ttd suami d rumah, trs besoknya br balik lg ke imigrasi buat kasih dokumennya.

      Hapus
    2. Trims banget info nya mba Retno.

      Hapus
  17. Hi Retno,saya ingin tny perbedaan vitas 317 dan kitas apa yaa? Dan masa berlaku vitas317 tsb berapa lama yaa

    I appreciate for the reply. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi nadi, vitas itu hanya visa tinggal terbatas. Biasanya dikasi beberapa bulan sampe maksimal 1 tahun.,ga bs multple entry, dan kalau tidak dialihstatus, ga bs diperpanjang. Jadi kalau masa tinggalnya habis, harus keluar dr indo.

      Kitas itu izin tinggal terbatas. Itas ini selalu alihstatus dr visa. Itas bisa multiple entry, dan kalau habis masa tinggalnya tahun depannya bisa diperpanjang atau bahkan dialihstatus jadi izin tinggal tetap atau itap.

      Mau buat yg mana, tergantung kebutuhan. Mau tinggal di indonesia berapa lama dan tujuannya apa?
      Semoga membantu

      Hapus
  18. Hi sis, klo bikin kitas dari VSB bisa ga ya ? Trus STM sama SKTT apa harus dibikin sesuai domisili WNI ? Krn alamat ktp (A) Dan alamat tnggl skrg (B) beda. Nah bahan pertimbangannnya skrg Sy n suami tgl dikota B nnti klo di survey untuk Kitap dikota A tp nyatanya tidak tggl dsna gmna ? Apa msh bisa bikin Kitap ? Krn rencananya suami tgl di Indo lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan website imigrasi sih tertera seperti ini mba

      Permohonan alih status Izin Tinggal Kunjungan menjadi Izin Tinggal terbatas dan alih status Izin Tinggal terbatas menjadi Izin Tinggal Tetap diajukan oleh Penjamin kepada Kepala KantorImigrasi yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal Orang Asing.

      http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/alih-status-izin-tinggal#prosedur

      Jadi jelas ya mba ga sesuai KTP tetapi sesuai tempat tinggal orang asing, makanya WNA harus bikin surat keterangan domisili.
      Begitu juga dengan STM dan SKTT mereka akan otomatis mengikuti Izin Tinggal Terbatas atau Tetap yang dikeluarkan imigrasi.

      Hapus
    2. nah menurut saya juga begitu ya mba, karena sy jg sudah lama tinggal di kota B dan passport saya pun dari kota B. tapi setiap kali saya tanya ke pihak imigrasi ( karena suami masih harus extend VKSB tiap bulan ) mereka selalu info dibuat berdasarkan domisili WNI.

      jadi kuncinya surat keterangan domisili dari WNA.

      thanks ya mba infonya, sangat membantu ;)

      Hapus
    3. Masalah ini saya masih bingung juga mba.. td nanya sepupu yang orang imigrasi katanya Sponsor WNI dan WNA harus satu domisili, yang berarti KTP WNI juga harus sesuai. (saya ga tau apakah WNI boleh hanya melampirkan surat keterangan domisili).

      Win-win solution, Kalau memang mau lama tinggal di daerah tersebut sih amannya mba segera urus KTP baru di tempat tersebut. Soalnya repot mba kalo ga sesuai sama maunya imigrasi nanti suami mba takut ga dapet ITAS atau ITAP.

      Hapus
    4. iya itu last choice mba pindah ke kota B krn ga ada family juga ( eh jadi curhat ) dan sepertinya udah mentok harus pindah domisili biar ga bolak balik juga. thanks a lot mba

      Hapus
  19. Mba, bisa minta contoh surat jaminan untuk pengajuan KITAS di imigrasi sesuai domisili.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti yang di atas mba cuma tambahin aja kata2 ini..
      Sehubungan dengan hal tersebut, saya bersedia menjadi sponsor dan bertanggung jawab penuh atas:
      1. Kedatangan, keberadaan, dan kegiatan yang bersangkutan selama berada di Indonesia; dan
      2. Biaya hidup yang dibutuhkan selama berada di Indonesia.

      Bila data-data yang saya berikan tidak sesuai dengan kenyataan dan saya tidak memenuhi tanggung jawab, saya bersedia dituntut sesuai dengan peraturan yang berlaku.
      Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian serta persetujuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

      Hapus
  20. Mba. Retno, aku udah isi pelaporan izin tinggal online. Karena suami sdh di indonesia. Sehari setelah suami datang. Saya sudah lapor. Sudah isi no paspor, IMI, dll.
    Tp belum dapat email balasan?
    Alamat email nya, pakr yg email suami kan y? Kebetulan pake hotmail.com.
    Kira2 kapan saya akan terima email balasan untuk ke kantor imigrasi sesuai domisili ?
    Trims mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. maaf banget baru bales.
      saya pakai email saya yang gmail. email suami jg gpp sih tapi mungkin masalahnya karena pakai hotmail.
      Dulu saya pakai hotmail dan bermasalah di awal jadi saya langsung ganti pakai gmail

      Hapus
    2. Gpp mba. Retno. Btw surat2 suami udh beres mba. Lega. ITAS online, STM, SKTT, all done.
      Thanks y mba, buat info2 nya. Kebantu banget.

      Hapus
  21. Hallo mba. Saya sedang tunggu Telex visa nih, istriq is the WNI guarantor who completed the online application. Saya, WNA, kemaren email KBRI Singapura tentang paperwork yg perlu dibawakan kesana to collect the Vitas 317 there. Salah satu syaratnya biaya S$270 atau $200 US , padahal menurut imigrasi.go.id adalah $180 US.

    Kalau mba bayarnya berapa waktu itu? Apakah s$270? Kalau memang betul mengapa ya lebih Mahal daripada yg di website official

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami saya bayarnya cuma 100 euro waktu itu, ambil visanya di hamburg, jerman..

      iya sih harusnya ga semahal itu,di website imigrasi juga cuma 55 usd untuk 6 bulan, 105 usd untuk 1 tahun, dan 180 untuk 2 tahun. Kalau vitas penyatuan keluarga hanya dikasih 1 tahun malah, jadi biaya maksimum hanya 105 usd. Dan harusnya mau ambil dimanapun sama aja biayanya. Coba aja minta bukti pembayarannya dan bila tidak sesuai bisa diadukan ke imigrasi. dan coba print screen dr website imigrasi tentang biayanya.
      Link:
      http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/visa-tinggal-terbatas#biaya

      Hapus
    2. Hallo mba. So saya baru balik ke Jakarta dari Singapore. Saya sudah ambil vitas 317.

      Nah saya bayarnya $160 SGD/ $120 USD. I cant find any pages that indicate that the fee for visa pick up in Singapore biaya 160SGD, kecuali halaman blogger tahun lalu yg komentar bahwa KBRI Singapore had increased vitas fee. However, di website KBRI, there isn't anything that indicates this statement.

      Perlu diajukan ngga ya, tentang biaya ini? Ke mana ya?

      Anyway saya dapat stempel vitas on passport and I'm being told that I have 7 days to file for ITAS though there is 30-day probation in the visa statement. What do you think about this 7-day vs 30-day probation period.

      Hapus
    3. Hmm kenapa beda ya di sg? Saya juga kurang ngerti. Mungkin bisa kirim e-mail ke imigrasi ttg hal tersebut. Tapi saya ga jamin kalo dananya bs tetep balik..

      Amannya sih lapor itas onlinenya sesegera mungkin dan selesaikan semua prosesnya sebelum 30 hari berakhir

      Hapus
  22. Berarti gk ada proses dateng ke imigrasi langsung nya ya mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembuatan vitas317 nya maksud saya mbak!!!

      Hapus
    2. Gada ada mas, semuanya sudah online. pembayaran pun ke teler bank..

      Hapus
  23. Mba kalau sudah dapat surat persetujuan visa kan harus mengambil visa di kedutaan singapore, itu perlu buat janji kah mba? Dan vitas tdk bisa multiple entry ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya telepon dulu ya mba untuk bikin janji.. iya vitas ga bs multiple entry, bisanya kitas yg multiple entry.

      Hapus
  24. Halo mbak Retno, Trm ksh utk artikelnya yg sangat Berguna bagi saya. Tlg tanya, jika visa 317 sdh Jadi utk 1 th Dan suatu Saat suami sy keluar dari Indo Setelah 5 bln Dr tgl visa terbit Dan balik lagi 3 bln kemudian, apakah suami hrs Buat visa 317 lagi meskipun visa Blm expired? Thank you mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak. Setau saya visa 317 itu ga multiple entry.. jd kalau keluar indonesia hangus visanya. Mungkin mba bs apply multiple entry ke imigrasi (cm saya ga tau bs atau ngga dgn visa 317) atau alih status jadi ITAS yg lebih aman krn itas otomatis dapet multiple entry.

      Hapus
  25. Hi mbk retno, untuk surat permohonan dan jaminan VITAS 317 bisa jadi satu aja mksd nya gmn ya mbk? Apakah mksdnya satu surat dengan 2 subjek sekaligus ? Atau pada saat upload jadi satu sekaligus berbarengan? Makasih bnyk sblm nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. surat permohonannya berisi jaminan, contohnya udah dikasih sama mba retno diatas :)

      Hapus
  26. hi. mba retno mksh artikelnya membantu sekali, cm msh ada yang mau saya tanyakan,.,.
    klo punya VITAS 317 penyatuan keluarga contoh 1 tahun WNAnya bisa berpergian keluar negeri kpn sj kah? ? ? atau harus diam di indo selama satu tahun? Klo Sosial budaya kan /6 bln and ga bisa pergi keluar selama itu, klo keluar negeri visanya hangus.
    Trus sertifikat Nikah dari Capil apakah harus di Stamp Oleh kedubes jg??
    Soalnya aku tanya ke agen mereka bilang begitu.. ( bayarnya kemahalan pke agen, mknya coba apply sendiri). mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kalo vitas setau aku sama kaya sosial budaya, kalo keluar negeri angus.. dan kalo ga dialihstatus jd kitas ga bs diperpanjang. cm aku ga tau bs atau ngga urus Multiple reentry permit dgn vitas sbg dasaenya. Kalo mau keluar2 negeri amannya alih status aja jd ITAS.

      Aku kurang tahu kalo sertifikat nikah capil krn aku pake buku nikah. Waktu itu sih aku ttp lapor nikah ke kedutaan dan dikasi sertifikat dr kedutaan, cm ga diminta sih di imigrasi. Yg diminta cuma CNI alias izin nikah dr kedutaan (aku nikah di Indo)

      Hapus
    2. Ooh gitu ya mba.. emang rencananya hbs urus Vitas lngsung buat Itas.. bisa brarti yaa keluar2.,, n abis lapor ke kedubes dapat serti lgi yaa,.., bagus klo begitu., thanks ya :)

      Hapus
  27. Halo mba retno, saya coba googling, dan mampir ke blog mba. Masih agak bingung saya tentang vitas dan visa sosbud (kunjungan) Posisi suami dari tgl 11 maret sudah berada di indonesia, menggunakan visa 211A yaitu visa kunjungan max 60 hari dari kjri istanbul. Yg mau saya tanyakan. Seperti mba bilang di atas kalau posisi pasangan sudah ada di indonesia harus ambil di negara tetangga. Apakah dengan visa sosbud ini saya bisa langsung alihkan kitas? Atau harus apply lagi vitas 317? Mohon info nya ya mba. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai...
      sekedar info nih.. saya pernah tanya k kantor imigrasi langsung.. Visa Sosial budaya bisa alih ke KITAS kok.. tapi 30 setelah tanggal kedatangan.,.,

      Hapus
    2. mbak Indri , kok tadi aku WA org KBRI visa sosbud gak bisa d alih ke KITAS ?

      Hapus
  28. Hi Mba Retno
    Thanks for sharing, nemu blog mba saat lagi desperate ama Visa
    Anyway silly question, bisa ga visa 317 ini ga dikonversi ke kitas? Karena kita memang ga ada rencana ke luar negeri dalam 1 tahun kedepan dan ada kemungkinan suami apply kerja disini yg berarti butuh vitas lain
    Mohon saran Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba maaf br bls. Bisa mba di alih status ke KITAS, memang itu tujuannya.. Ga masalah mba suami bisa tetap pakai kitas atau kitap sponsor istri untuk kerja disini selama perusahaan yang hire dia mau bayarin IMTAnya

      Hapus
  29. Hi mbak Retno terimakasih banyak udah sharing
    Saya mau tanya, sekarang posisi saya Di Turki negara suami Dan saya mau pulang Indonesia dengan visa penyatuan keluarga nah saya mau tanya Surat pernyataannya ditujukan ke alamat Jakarta atau yang disini Dan setelah apply kira" berapa lama sampai kita dapat telex nya ,terimakasih banyak at as bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr apply sampe vitas jd krg lbh 10 hr kerja.. untuk surat pernyataan, alamat mba sebagai sponsor yg d indonesia yg ditulis

      Hapus
  30. Teimakasih banyak mbak retno sangat membantu sekali,Dan lagi bisakah tabungannya saya gunakan dengan hang Turki sebab says Di Turki,terimakasih sebrlumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya kurang tahu mbak krn saya waktu itu tabungannya di indonesia..

      Hapus
  31. Mba retno terimakasih banyak informasinya, sangat jelas dan terinci, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  32. Hallo mba retno, terima kasih sudah sharing pengalamannya. Sangat membantu sekali. Btw saya ada pertanyaan mba, apakah ada batas waktu untuk penjemputan vitas 317 yg sudah diterbitkan KBRI ? Misalnya vitas 317 suami sudah diterbitkan KBRI Singapur, tp ternyata suami harus ke jerman dulu (skrg di indonesia) dgn VOA, jd baru bisa ke Singapur sepulangnya dari jerman ke indonesia 1 minggu kemudian. Kira2 bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba bs dilihat di lampiran email persetujan visanya di bagian paling bawah. Td saya cek berlaku di email saya 2 bulan (th 2017)

      Hapus
  33. Hallo mbak retno salam kenal. Saya mau tanya, kalau vitas bisa diganti ke kitas sejak kedatangan ke indonesia atau setelah masa berlaku vitas mau habis? Saya sudah dapat vitas 317 utk suami dan anak2. Sy berencana i gin tinggal selamanya di Indonesia. Kapan vitas bisa diganti jadi kitas? Makasih mbk cantik. Saya bingung soalnya tentang vitas dan itas

    BalasHapus
    Balasan

    1. Hi mbak. Sebaiknya dalam 30 hari setelah kedatangan di indonesia lgsg ajukan ITAS. Krn kalau vitas hanya berlaku 1 tahun dan ga bs diperpanjang. Kalau itas bs alih status jd itap

      Hapus
    2. mbak salam kenal
      Mau nanyak apabila masa itas habis, berarti memperpanjangnya gak perlu prosedur seperti buat visa 317 kan contohnya ke luar negri. Perlu memperpanjang sajakah di imigrasi domisili? Atau harus seperti awal proces lagi?

      Hapus
  34. Hello mbak retno...
    Maaf aku mahu nanya pasal visa 317. Tahun kemaren aku apply visa 317.. Habis berlaku tahun ini bulan febuari.. Jadi aku mahu nanya.. Apa bisa di perpanjangkan atau harus buat yang baru lagi.. Aku WNA .suami WNI. Dan lagi satu mbak.. Afidavit bisa buat di imigrasi apa di kedutaan indonesia..mohon penjelasan... Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba sepertinya kalau sudah 1 tahun tidak bisa diperpanjang atau alih status, jadi harus bikin lagi dari awal.
      Kalau tinggal di Indo, afidavit bisa urus di imigrasi. Tapi kalau di Luar negeri harus urus di kedutaan (embassy).

      Hapus
  35. Hello mbak retno...
    Maaf aku mahu nanya pasal visa 317. Tahun kemaren aku apply visa 317.. Habis berlaku tahun ini bulan febuari.. Jadi aku mahu nanya.. Apa bisa di perpanjangkan atau harus buat yang baru lagi.. Aku WNA .suami WNI. Dan lagi satu mbak.. Afidavit bisa buat di imigrasi apa di kedutaan indonesia..mohon penjelasan... Tq

    BalasHapus
  36. Mbak retno mau tanya apakak kitas penyatuan keluarga bisa di pakai keluar mauk RI dan maa berlaku kitas berapa tahun ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalau bikin KITAS itu otomatis buat Multiple reentry visa (MERP), jadi otomatis bisa bepergian ke luar negeri

      Hapus
  37. Hi mbak. Thanks for sharing.
    Mbak aku mau tanya :
    Di persyaratan apply visa kan ada KK. Nah KK ini KK yang baru yang terpisah dengan orangtua yg menunjukkan WNI sbg kepala keluarga? (Berhubung WNA tidak bisa masuk ke KK kan) atau bisa KK yang masih menyatu dengan orangtua? Berhubung saya belum urus KK baru setelah pernikahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, ini pertanyaan sy juga....

      Hapus
    2. Hi mba, di KK saya sih masih gabung sama orang tua dan ga dipermalasahkan sama imigrasi. BTW WNA bisa kok masuk KK kalau sudah punya KITAP. Bahkan punya KTP WNA juga

      Hapus
  38. Terima kasij atas informasinya, sungguh membantu banget.
    Untuk bagian visa sosial budaya kok ga bisa dibuka ya bloggernya? Kemungkinan sy mau ambil point 1 karena domisili sy dan suami sekarang di luar negeri dan kita berencana bareng2 ke indonesianya. Ada yang punya pengalaman apply visa sosial budaya dulu terus alih status jadi vitas ga ya disini. Kalau ada minta di share dong. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm saya kurang tahu kenapa, tapi saya bisa buka mba..

      Hapus
  39. wah sekarang harus pakai rekening ya ? duh .... ini saya perpanjang anak saya , yang ke enam jadi harus mulai dari awal . dan saldo saat ini tidak mencukupi . apakah ada cara lain ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu mbak. Mungkin bs didiskusikan dengan petugas di dirjen imigrasi kuningan terlebih dahulu.

      Hapus
  40. Halo mbak retno aku mau bkin kitas buat suami . Jd kmrin salah di surat permohonan dan jaminan . Untung ada mbak aku bsa jdiin contoh . Terus mbak . Aku kan mau ambil vitasnya di kuala lumpur . Apa aja syarat yg harus di bawak suami aku buat ngambil vitasnyabdi KL ? Dan Gimana ya mbak aku tau syarat2 yg diperlukan yg harus aku bawak ke kedutaan RI yg di KL ?
    Makasii kak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suami saya d jerman diminta:
      Foto berwarna,
      Passport asli dan copy passport,
      Izin tinggal di jerman, persetujuan kawat visa.
      Tapi syarat tiap kedutaan beda2 jd jangan males buat telp kedutaan d malaysia ya.. drpd udah sampe sana ternyata ada yg kurang.

      Hapus
    2. Tapi saya telfon keduataan indo di malaysia gapernah diamgkat . Susah banget merrka dihubungi .
      Terus mbak klw kita udh bayar pnbp yg 100 rb nnti kam ada verifikasi lanjutan ..itu verifikasi buat apa ya ? Soalnya saya takut ada di tolak2 lg

      Hapus
    3. Kalo bayar 100rb itu untuk dapat surat persetujuan vitasnya untuk dibawa pasangan untuk ambil vitas di kedutaan indonesia.

      Hapus
    4. halo mbak indah dan mbak najwa, kebetulan suami saya juga mau ambil vitas di KL minggu minggu ni. tp pihak kbri sana susah banget memang dihubungi, padahal saya mau tanya banyak... saya mau tanya ke mbak berdua, kemungkinan kan sudah ambil vitas nih,, kira2 syaratnya apa saja ya.. mohon dibalas ya :)

      Hapus
  41. Hi mba retno slm kenal, blog mba retno sngt brmanfaat banget bgi sy dn suami tdinya bigungung mau apply visa yg mana tp setelh baca blog mba lngsung lega, ini mau tanya mba kalau sdh dpt vitas setelah smpe di indo apakh langsung alih status ke itas?
    Krn kebetulan kami ingin tinggl di jakrta kira2 bulanan gtu,nanti baru lanjut ke tmpat tinggal saya, bisakah sekitar 2 bulanan gitu baru alih status? Trimaksih mba retno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa mba. Batas maksimal 30 hari setelah masuk indonesia.

      Hapus
  42. Mba mau tanya untuk pengambilan visa diluar negeri itu mba pake surat izin tinggal di jerman ya, itu harus pasti ada mba? Suami saya dari sudan di indo pake visa bisnis uda mau setaun kl gada surat izin tinggal sudan apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan suami saya waktu itu memang sedang belajar di jerman jadinya harus bs menunjukkan izin tinggal di jerman. Suami saya orang brazil. Suami mba berarti mau membuat vitas di malaysia atau singapur ya? Berarti tidak perlu surat izin tinggal

      Hapus
  43. Mbak, untuk pengurusan visa 317 apakah buku nikahnya harus di leges di 3 kementrian dulu? atau boleh cuman dileges di tingkat KUA aja?

    BalasHapus
  44. Kalau visa sih ga diminta legalisir mba. Tp saya sebelumnya sudah legalisir karena harus lapor ke kedutaan

    BalasHapus
  45. Kalo untuk membuat kitas nya langkah dan apa saja persyaratan nya mba ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada langkah2nya d blog saya.coba dicari yaa

      Hapus
  46. Mbak.. saya sudah sampai pada tahap pembayaran ( Jum'at tgl 15 Feb 2019), tapi sampai hari ini (Rabu tgl 20 Feb 2019) saya belum mendapatkan email keputusan nya.. saya jadi galau banget mba, mohon sarannya apa yg harus saya lakukan ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja mba sampai 7 hari kerja dan rajin cek spam. Pasti aakan mendapat jawaban either diterima atau ditolak

      Hapus
  47. Selamat malam
    Trimakasih atas sharing nya.


    Saya orang indo. Suami orang Africa selatan.

    Saya Dan suami saat Ini masih berada di Africa selatan.
    Rencananya saya Dan suami Mau balik ke Indonesia akhir maret Ini.

    Rencana suami Mau menetap di Indonesia.

    Yg ingin saya tanyakan.
    Apa bisa saya ngurus vitas sementara saya masih di Africa selatan..
    Saya juga tidak punya buku tabungan.
    Saya jg tidak punya CNI. Karena kedutaan Africa selatan Yg Ada di Jakarta tidak pernah mengeluarkan Surat ijin nikah.
    Apa Lagi waktu itu suami uda dapat Surat ijin nikah Dr home affair Yg di Africa selatan.. Jd kedutaan Africa selatan Yg di Jakarta tidak Mau mengeluarkan. Mereka bilang Surat Yg Dr Africa selatan nya Langsung itu uda cukup..

    Jd waktu itu KUA di tempat saya tinggal tidak bisa trima .. Jd pihak KUA melanjutkan ke pengadilan agama..
    Jd Dr pengadilan agama baru dapat ijin nikah.. Jd Aku dapat buku nikah..

    Terus satu Lagi Mbak.
    Apa bisa ngurus vitas setelah saya Dan suami Sampai di Indonesia. Jd Langsung ke imigrasi gitu.

    Tolong sharing nya
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imigrasi di dalam negeri tidak mengeluarkan visa ya mba. Visa hanya dikeluarkan di imigrasi di luar negeri. Jadi jawabannya TIDAK bisa mengurus visa di imigrasi indonesia. Apakah bs mengurus vitas selama tinggal di luar negeri? Ga masalah selama dokumen lengkap dan ada yg membantu membayarkan 100rb ke bank indonesia.
      Masalah tidak ada CNI saya tidak punya pengalaman jadi saya tidak tahu. Mgkn mba bs coba upload keputusan pengadilan agama. Kalau ga bs terpaksa harus konsultasi lgsg ke imigrasi di indonesia.
      Masalah buku tabungan seperti yg bs dibaca fi komentar bs upload punya suami

      Hapus
  48. siang mba retno...makasih banyak atas infonya yang sangat membantu...ada yg mau saya tanyakan mba mengenai buku tabungan...kebetulan saya abis kehilangan buku tabungan dan transaksi sebelumnya keputus mba karna ganti no rekening,dan saya ada tabungan lain tapi tanpa buku hanya rekening koran apakah bisa juga kita berikan scan buku tabungan saya itu dan rekening koran dari tabungan lain...makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada peraturan kalau buku tabungan itu harus hanya dari 1 buku tabungan.. jd seperrinya bol3h aja mba..

      Hapus
  49. Apakah benar MBA Kalo Setelah Sampai di Indo Kan kedatangannya pertama Di soekarno hatta Sedangkan kami tinggal di semarang ...Apakah Langsung Harus ke imigrasi Di bandara untuk Foto buat Pembuatan itas dan hasilnya akan Dikirimkan melalui email jadi tidak perlu ke imigrasi semarang ...atau tidak perlu Langsung Foto di imigrasi bandara tapi bisa di semarang aja pengurusannya MBA?
    Karna suami bawa Barang banyak Banget nanti
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  50. Mba Retno, kalau sudah bayar PNBP kita konfirmasi kemana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak.. saya juga bingung. Saya uda bayar tanggal 7 mei kemarin. Tapi sampai sekarang tanggal 24 mei saya belum dapat email apapun.. klo Mbak nya gimana

      Hapus
  51. halo mba.. kalau suami WN pakistan berarti gak bisa apply online ya?

    BalasHapus
  52. salam mba..untuk tempat pengajuan visa 317 suami WN pakistan apabila sblm masuk indonesia, posisi saya dan suami ada di australia krn beliau sdg study, apakah visa 317 bisa di apply dari australia? terimakasih mba

    BalasHapus
  53. Salam mba, Mau tanya sy kan sudahh mengajukan nih statusnya 'Pemeriksaan cekal" setelah sy bayar ada konfirmasi email penerimaan bayar itu tp statusny sampe saat ini masi Cekal itu gmna ya ?

    BalasHapus
  54. Halo mb Retno,
    Saya sama suami jg berfikiran untuk menetap di Indonesia. Meski belim final, tapi kita mulai mengumpulkan syarat2 yg musti dipenuhi.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah kita sebagai sponsor suami, musti ke kantor imigradi Jakarta regardless di mana tampat tinggal asli kita yg tertera pada KK? Saya dari Solo by the way.

    Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  55. Siang Mbak.
    Saya Mau Tanya. Saya Kan udah apply vitas 317, Trus saya dapat email untuk bayar 100 ribu. Tapi di mode billing untuk bakti bayar di bank itu 200 ribu..
    Trus saya Kan udah bayar di bank..
    Tapi kenapa Koq Sampai Sekarang saya belum dapat email untuk langkah selanjutnya.. kan katanya 2 Hari kerja.. saya bayar di bank itu tanggal 7 mei. Tapi sampai sekarang 24 mei belum dapat email untuk info lain. Saya jadi bingung Mbak.. suami juga tanya2 terus..bikin tambah galau..
    Tolong sharing nya Yg pengalaman Ini.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak, kalau boleh, bolehkah saya ngemail mbak buat tanya soal vitas? Kelihatannya mb Retno yg pny blog sekarang lg sibuk. Saya sama suami jg pny rencana bikin vitas. Makasih sebelumnya.

      Hapus
    2. Salam kenal juga.
      Iya Mbak. Bikin aja . Mudah Koq.. tapi saya jg blum dapat jawaban. Gak tau kenapa.
      Suami saya rencananya Senin depan mau telpon ke imigrasi jakarta. Buat cari tau kenapa koq belum dapat jawaban..

      Hapus
    3. Email mb apa ya? Pny saya greenhouse5757@gmail.com.

      Susahnya kalau di Indonesia itu laij daerah lain aturan. Dari diskusi mb Retno, ada hal2 yg saya pgn tau.

      Hapus
  56. Hi...mau tanya nih. Kl pasangan saya sudah di Indonesia, apakah perlu utk mengambil VITAS di konsulat negara asal lagi? Menurut saya akan sangat menghemat waktu kalau pasangan saya langsung bisa proses ITAS nya di Indonesia, krn beliau sudah ada di Indonesia dan berencana tinggal di Indonesia. Mohon pencerahannya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi untuk membuat vitas memang ga perlu kok kembali ke negara asal. Saya sudah jelaskan di atas tentang vitas dan visa sosial budaya. Sosial budaya bisa dilakukan di indonesia namun saya ga ada pengalaman jadi saya ga share apa2

      Hapus
  57. Hi saya mau nanya nih, kmrin sy udah mengajukan permohonan u tuk vitas, rencana lokasi pengambilan di singapore dn sudah dpt kawat pembayaran 200rbu tp krna ada 1 dan lain hal saya mau alihkan pengambilan visanya di malasya, jadi saya belum bayar kawat pembayarannya trus sy email ke imigrasi katanya saya d suruh tunggu tapi ini udah 1 minggu lebih blm ada informasi apa2, cm prnah di blas email saya katanya permohonan dalam tahap keputusan kepala seksi, maksdnya itu apa ya? Pdhal saya blm bilang saya mau alihkan pengambilan di malasya, dan kalau kasus begini biasanya berapa lama kita harus nunggu karena tidak ada informasi apa-apa dari pihak imigrasinya, suami udah nanya-nanya kapan bisa dapat vitasnya, mohon pencerahannya, makasih☺

    BalasHapus
  58. hi mba Retno,

    Saya Apply vitas 317, untuk mendapatkan ITAS,sebelum 30hr dari kedatangan itu apa harus langsung proses dari VITAS ke ITAS, Berapa Lama ya mba? terus untuk biaya berapa ya mba ?

    Terimakasih mba Retno

    BalasHapus
  59. ANDA SELAMAT DATANG DI GRACEALEXLOANCOMPANY (GALC)
    Good Day Sir / Madam: Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau tujuan apa pun? Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat dan legal dan internasional, kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Bisnis. Perorangan, perusahaan perusahaan, badan hukum dengan tingkat bunga yang terjangkau 2%. Ini bisa berupa pinjaman jangka pendek atau jangka panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit macet. Kami akan memproses pinjaman Anda segera setelah kami menerima aplikasi Anda. Kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami menawarkan pinjaman Pendidikan, pinjaman Bisnis, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dengan riwayat kredit baik atau buruk. Jika Anda tertarik dengan penawaran pinjaman kami di atas, Anda disarankan untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali kepada kami untuk lebih jelasnya. Anda dapat menghubungi kami melalui email ini gracealexanderloancompany@gmail.com kami akan merespons Anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda di bawah ini.

    Nama lengkap:
    Tanggal lahir:
    Jenis kelamin:
    Status pernikahan:
    Jumlah Total yang Dibutuhkan:
    Durasi Pinjaman:
    Negara:
    Negara:
    Alamat:
    Telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Pendudukan:
    gracealexanderloancompany@gmail.com untuk perhatian segera. Kontak
    kami sekarang dan dapatkan pinjaman mendesak dalam dua (2) hari !!!
    Salam.

    BalasHapus
  60. hallo mbaa ., saya mau tanya nih saya sudah aply vitas dan di apk visanya sudah muncul kode billing pembayaran tetapi saya belum dapet notifikasi email pembayaranya mba .. padahal sudah 3 hari gimana ya mba apakah harus aply lagi? terimaksih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya habis dapat kode billing dan bayar tidak ada notifikasi pembayarannya. setelah 5 hari dpt email pemberitahuan " ........ telah Disetujui dan Pembayaran Telah Diterima. Beserta email ini kami lampirkan surat persetujuan Visa untuk diproses di Kantor Perwakilan RI. " jadi ya ditunggu aja.

      Hapus
  61. Hallo,

    Mau tanya untuk bagian "3. Scan berwarna paspor WNA (bagian datanya saja)" apakah ini yang dimaksud untuk scan semua halaman passport yang belum ada capnya? misalnya passport ada 48 halaman dan yg sudah dicap ada 3 halaman berarti yang discan pada halaman profil dan 45 halaman passport yang kosong?

    Regards,
    Rhesa

    BalasHapus
  62. Mba Retno saya mau tanya apa email harus sesuai nama pemohon?

    BalasHapus
  63. Hi Mba Retno, salam kenal. Mba, biaya 105$ yg Mba bayarkan utk vitas itu utk jangka wkt brp lama ya? Kalau saya perhatikan di print screen formulir Mba mengisi periode 3 tahun, apa betul 105$ utk 3th? Dan ketika suami sudah tiba di Indonesia apakah harus disegerakan merubah vitas menjadi kitas? Lalu apakah bayar lagi? Jika bayar lagi bagaimana dgn vitas yg sudah Mba bayar utk periode 3th tsb? Apakah TDK berlaku. Dan brp kah biaya yg perlu dikeluarkan utk mendapatkan kitas? Mohon informasinya..
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  64. Saya membawakan salam untuk Anda!
    Apakah EMILY KAYA dari kota medan di indonesia. Saya seorang petani. saya menghabiskan lebih dari 14 tahun di Cina, provinsi Anhui timur Cina mahal. bisnis pertanian mengambil berbagai tajam terkait berbagai pajak, pajak yang sering memakan lebih dari setengah pendapatan tahunan petani. Pajak kadang-kadang dikumpulkan oleh pejabat korup yang berusaha memperkaya diri mereka sendiri.
    Pemerintah memonopoli panen gandum dan seringkali mencegah petani menjual hasil panen mereka di pasar terbuka. Pejabat lokal telah digambarkan sebagai "belalang" karena cara mereka mencoba memeras petani untuk semua uang yang mereka bisa. Sewa tanah pemerintah telah disebut “rantai pada petani.” Catatan panen telah menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang telah mereka pecahkan. Di beberapa tempat pemerintah mengenakan biaya kepada petani untuk menyimpan gandum ketika mereka berkewajiban untuk membelinya.
    Ketika saya memikirkan semua ini, saya memutuskan untuk menjual semua yang saya miliki dan kemudian pindah kembali ke negara saya yang indah (INDONESIA).
    Saya pulang ke rumah dan sangat senang dengan diri saya, tetapi saya harus segera memulai bisnis, sekarang masalah dana muncul, bagaimana dan di mana saya mulai.
    Saya mulai mencari pinjaman di mana-mana kemudian saya melihat iklan MR.WILSON KARTIKA bersaksi tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari MOTHER JULIANA LOAN COMPANY, tanpa ragu-ragu saya menghubungi MR WILSON terlebih dahulu untuk memastikan dan dia memberi saya bukti dan meyakinkan saya keselamatan, IBU JULIANA yang dihubungi DENGAN EMAIL yang disediakan dan hanya itu, saya memberikan pinjaman sebesar Rp2.000.000.000 tanpa ada jaminan yang diminta.
    Hari ini bersyukur kamu dapat melihat saya tepat di tanah pertanian saya di sini, ini adalah doa saya agar ALLAH akan terus memberkati IBU JULIANA UNTUK MEMBANTU SAYA.

    Mungkinkah ada orang yang mencari pinjaman, silakan hubungi

    MOTHER JULIANA VIA EMAIL JULIANALOANS@GMAIL.COM
    ATAU WHATSAPP +1 (678) 881 8428.

    ANDA JUGA BISA HUBUNGI MR. WILSON VIA EMAIL wilsonkartika4@gmail.com

    ATAU DIRI MELALUI EMILYKAYA36@GMAIL.COM

    BalasHapus
  65. KESAKSIAN!! KESAKSIAN!! JANGAN LUPA


    Halo teman-teman terkasih, Nama saya Karen Knowles dari Alabama, AS. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman hukum. Saya rusak karena saya masuk ke bisnis yang salah yang membuat saya kehilangan semua uang saya tetapi ketika saya mencari melalui internet saya melihat-lihat REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberikan pinjaman bahkan tanpa jaminan atau cek kredit dan tanpa biaya tersembunyi. Saya melihat komentar semua orang di blog yang mengonfirmasi bahwa REBACCA ALMA LOAN COMPANY adalah perusahaan pinjaman asli. Jadi saya percaya bahwa saya telah bertemu dengan perusahaan pinjaman yang tepat meskipun pada awalnya saya agak takut karena saya telah melakukan kontak dengan pemberi pinjaman dan telah benar-benar palsu di masa lalu yang mengaku memberikan pinjaman tetapi pada kenyataannya mereka tidak. Jadi saya mengajukan pinjaman ke perusahaan ini dan saya sangat terkejut $ 150.000 (Seratus lima puluh ribu dolar) menyetujui pinjaman yang saya gunakan untuk kembali ke bisnis. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus membagikan kabar baik ini kepada dunia sehingga seseorang di luar sana yang mungkin mencari tempat untuk mendapatkan pinjaman asli di internet dapat menemukan tempat untuk mendapatkan pinjaman yang sah. Teman-teman yang terkasih, saya akan sangat menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan ini untuk menghubungi mereka melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) Jangan takut pada mereka. Mereka adalah perusahaan pinjaman asli. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti prosedur sederhana dan menyelesaikan transaksi dengan mereka dan Anda akan terkejut menerima pinjaman dari mereka seperti saya terkejut ketika saya memiliki saya. Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik di Whatsapp +14052595662.


    Anda juga dapat menghubungi saya Untuk informasi dan konfirmasi lebih lanjut melalui alamat email saya karenknowles699@gmail.com.

    Silakan bagikan informasi ini sehingga orang lain dapat memperoleh manfaat dari layanan pinjaman awal ini.

    BalasHapus
  66. KESAKSIAN!! KESAKSIAN!! JANGAN LUPA


    Halo teman-teman terkasih, Nama saya Karen Knowles dari Alabama, AS. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman hukum. Saya rusak karena saya masuk ke bisnis yang salah yang membuat saya kehilangan semua uang saya tetapi ketika saya mencari melalui internet saya melihat-lihat REBACCA ALMA LOAN COMPANY yang memberikan pinjaman bahkan tanpa jaminan atau cek kredit dan tanpa biaya tersembunyi. Saya melihat komentar semua orang di blog yang mengonfirmasi bahwa REBACCA ALMA LOAN COMPANY adalah perusahaan pinjaman asli. Jadi saya percaya bahwa saya telah bertemu dengan perusahaan pinjaman yang tepat meskipun pada awalnya saya agak takut karena saya telah melakukan kontak dengan pemberi pinjaman dan telah benar-benar palsu di masa lalu yang mengaku memberikan pinjaman tetapi pada kenyataannya mereka tidak. Jadi saya mengajukan pinjaman ke perusahaan ini dan saya sangat terkejut $ 150.000 (Seratus lima puluh ribu dolar) menyetujui pinjaman yang saya gunakan untuk kembali ke bisnis. Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus membagikan kabar baik ini kepada dunia sehingga seseorang di luar sana yang mungkin mencari tempat untuk mendapatkan pinjaman asli di internet dapat menemukan tempat untuk mendapatkan pinjaman yang sah. Teman-teman yang terkasih, saya akan sangat menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan ini untuk menghubungi mereka melalui email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) Jangan takut pada mereka. Mereka adalah perusahaan pinjaman asli. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti prosedur sederhana dan menyelesaikan transaksi dengan mereka dan Anda akan terkejut menerima pinjaman dari mereka seperti saya terkejut ketika saya memiliki saya. Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik di Whatsapp +14052595662.


    Anda juga dapat menghubungi saya Untuk informasi dan konfirmasi lebih lanjut melalui alamat email saya karenknowles699@gmail.com.

    Silakan bagikan informasi ini sehingga orang lain dapat memperoleh manfaat dari layanan pinjaman awal ini.

    BalasHapus

  67. W/A::::::::::::::::::::::::: +62 81617 547 646
    Tel::::::::::::::::::::::::::: +62 81617 547 646
    e_mail::::::::::::::::::::[aditya.aulia139@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    W/A:::::(+44) 7480 729811
    Tel....:::( +44) 7480 729811
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    https://wordpress.com/view/iskandarlestari.wordpress.com

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    Whatsapp: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  69. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Allah telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Agustus 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
    Nama saya Haerul, seorang Muslim dalam agama dan saya berasal dari kota Bandung Indonesia
    Saya seorang pemasar dan juga penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (haerulh160@gmail.com). Saya ingin menggunakan platform ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia tentang apa yang telah dilakukan perusahaan pinjaman Ny. Olivia Daniel kepada saya. Platform ini untuk memberi tahu mereka yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Seperti yang dapat Anda lihat di foto profil saya, saya memiliki hutang besar dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang saya dan saya menghubungi perusahaan pinjaman dari syngapore yang pada bulan Maret 2017, dan saya ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta saya untuk Membayar banyak biaya, saya membayar dan pada akhirnya saya tidak mendapatkan pinjaman, saya kehilangan sekitar 20 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena saya mengajukan pinjaman 900 juta dan dengan semua biaya yang saya bayar saya tidak mendapatkan pinjaman dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan saya bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Allah sangat baik, saya berdoa dan bahwa Allah mengarahkan saya ke seorang pelayan dan saya browsing internet ketika saya menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yuli melalui email: (yuliy3531@gmail.com)
    Siapa dari Jakarta Selatan di Indonesia, bagaimana Allah mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman dan dia meminta saya untuk menghubungi email ibu Olivia Daniel: (oliviadaniel93@gmail.com) dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Olivia Daniel dan dia memberi saya keberanian dan Saya mengajukan pinjaman dari ibu Olivia Daniel dan saya menerima pinjaman yang saya cari selama ini dan allah akan terus memberkati Yuli karena memperkenalkan saya

    BalasHapus
  70. nama saya Mrs. Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya menderita kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

    Saya hampir kehilangan harapan sampai saya menemukan seseorang Ayu Amangku mengirim email ayuamangku@gmail.com yang membagikan kesaksian pemberi pinjaman online bernama Ms. Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

    Saya juga membuat pertanyaan dari Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo akun saya dan menemukan jumlah yang saya kirim langsung ditransfer ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan bebas dari kesulitan keuangan Anda.

    KESAKSIAN: Abyasa Lestari
    BCA: 7683724750
    dari Balikpapan di Indonesia.
    Saya adalah saksi sejati perusahaan pinjaman Ms. Rika.
    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hanya Whatsapp: +1 (323) 689-3663

    BalasHapus
  71. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    BalasHapus
  72. NAMA: Titin yuni Arlini
    ACCOUNT NUMBER: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    PINJAMAN PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum seperti saya memposting ini karena KARINA ELENA PERUSAHAAN PINJAMAN ROL telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk menghapus semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA karena memberi saya pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan dari KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Mahakuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  73. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  74. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  75. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  76. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Perbaikan rumah
    Penemu Pinjaman
    Pinjaman Konsolidasi Utang
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji
    pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
    yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  77. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, Hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya, dan sebagainya. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pebisnis wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata itu palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga memastikan bahwa semuanya asli, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  78. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan untuk mendapatkan pinjaman atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, membayar hutang, atau untuk mengembangkan bisnis Anda
    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang mendesak untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda atau karena berbagai alasan, atau Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank Anda karena tingkat pengembalian pinjaman yang lebih tinggi.
    Kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan jaminan pinjaman 100% juga memberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp dll.) dan juga memberikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang diberikan meliputi:
    Pinjaman darurat.
    Perbaikan rumah.
    Penemu Pinjaman.
    Pinjaman Konsolidasi Hutang.
    Pinjaman Bisnis.
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji.
    pinjaman medis.
    pinjaman liburan.
    pinjaman properti.
    Pinjaman Islam. pelamar yang tertarik harus menghubungi kami hari ini melalui
    belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  79. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  80. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus
  81. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  82. Sungguh luar biasa ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  83. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya rugi sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000 ,. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat tujuan. Perdagangan saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya kepada seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00
    Baik ibu, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tuhan yang baik dalam hidup saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada orang Indonesia lainnya, bahwa banyak penipu di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany @ gmail. com
    Anda masih dapat menghubungi ibu nomor WhatsApp +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  84. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan sebagainya. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata itu palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  85. kedudukan: Pengarah Urusan
    Nama: Najwa Mohammed
    Bandar: Miri
    Pinjaman saya mendapat: Rm 1.5 juta
    kadar faedah: 1%
    E-mel saya: najwamohammed369@gmail.com

    Halo, saya mengucapkan terima kasih kepada allah almight untuk kebaikan dan keberkasaan yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM tahun ini 2020, saya ingin kita medium ini membiarkan muslim saya di malaysia, Tahun lepas saya telah memohon pinjaman banyak kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya sedang menonton berita perniagaan saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM pada wawancara menerangkan pakej mereka dan bagaimana mereka memberi pinjaman dan dana amal kepada mereka yang ingin memulakan perniagaan tahun ini. Oleh itu, saya mendengar dan menghubungi mereka dengan kenalan mereka di televisyen, saya memohon Rm 1.5 juta, pada kadar 1% dan pinjaman saya telah diluluskan dan saya mendapat pinjaman saya semudah mungkin. Saya mendapat pinjaman saya dan melabur lebih jauh ke hartanah suami saya. suami saya dari indonesia, banjir yang terjejas rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapat pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga.Jika anda ingin perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, anda bebas memohon sekarang dan dapatkan pinjaman anda .Mengingatkan diri anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah berputus asa. Semakin banyak anda jatuh, semakin kuat anda menjadi bangun. Jangan pernah menyerah tidak kira apa. Buat janji kepada impian anda seolah-olah anda berjanji kepada anak anda. Saya berharap anda lebih besar tahun. Mungkin allah memberkati mereka allah

    MOHON SEKARANG
    E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    w/a**** +971569461974

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Tanda Melapor (STM) dan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKKT) Tangerang Selatan

Setelah KITAS jadi, masih ada dokumen yang harus dibuat oleh WNA yaitu STM (surat tanda melapor) dan SKTT (Surat keterangan tempat tinggal). Yang pertama harus dibuat adalah STM, karena untuk membuat SKTT dibutuhkan STM. STM dapat dibuat di Polres Tangsel yang beralamat di Jl Boulevard Bintaro Jaya, Pondok Jaya, Pondok Aren (di Ruko setelah electronic city) jam 08.00-15.00 Persyaratan STM: 1. Surat permohonan dari pasangan WNI dengan materai , ditujukan ke Kepala SAT INTELKAM Polres Kota Tangerang Selatan. 2. Fotokopi KITAS 3. Fotokopi Passport bagian datanya saja 4. Fotokopi Visa dan cap kedatangan 5. Fotokopi KTP Sponsor 6. Fotokopi buku nikah atau akta nikah 7. Fotokopi KK WNI 8. Surat keterangan domisili dari RT / RW, dicap di kelurahan (karena kelurahan tidak lagi mengeluarkan surat keterangan). Yang diserahkan adalah fotokopinya karena dokumen aslinya diambil oleh imigrasi. Prosesnya kurang lebih 2 hari kerja dan tanpa biaya alias GRATIS . Masa berlaku STM sesuai de

Review Restoran Remaja Kuring

Setelah banyak melihat-lihat tempat resepsi, akhirnya pilihan ayah saya (yak, memang bukan pilihan saya karena toh ayah saya yang bayarin hihi) jatuh pada restoran ini. Ayah saya memang mencari venue restoran garden party. Di bawah ini saya akan memaparkan kelebihan dan kekurangannya… Kelebihan: 1.     Ada venue indoor dan outdoor. Venue indoor cukup bagus dan luas, tapi, menurut saya tanggung banget kalo nikah di remaja kuring ga sekalian pake venue outdoornya. Venue outdoor sangat luas. Pemandangannya bagus, banyak pohon, di belakang pendopo utama, banyak tempat duduk, ada kolam renang di depan pelaminan. Nah karena tempatnya sendiri udah bagus, ga perlua banyak main di dekor. 2.     Bila resepsi diadakan pada malam hari lebih bagus karena lebih adem, juga bisa banyak main dekorasi di lighting 3.     Tidak ada b iaya sewa. Tapi... baca lagi di point kekurangan no 4. 4.     Marketingnya namanya pak Gunawan, cukup ramah dan sabar melayani keluarga saya yang b